Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Sekolah

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Sekolah

Persmahasiswa.id - Lulusan yang bergelar PhD atau sarjana pendidikan memiliki kesempatan kerja yang luas untuk menjadi staf pengajar. Anda bisa melamar menjadi guru di tingkat SD hingga SMA. Kesempatan untuk mengamankan posisi ini juga tidak mudah. Maka dari itu, kamu wajib menyiapkan senjata andalan dengan membuat contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Sekolah.

Selain menambah pengalaman kerja di CV Anda, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk menarik perhatian perekrut melalui surat lamaran kerja guru. Dengan menerapkan format standar salam pembuka, pembukaan, kualifikasi, hingga penutup, Anda juga bisa menggunakan surat lamaran pekerjaan guru di bawah ini sebagai referensi.


Tips Membuat Surat Lamaran Kerja di Sekolah yang Tepat

Pentingnya surat lamaran kerja untuk memperbesar peluang keberhasilan dalam melamar pekerjaan, tentunya membutuhkan kemampuan menulis yang baik dalam membuatnya. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat surat lamaran kerja yang tepat.

Menggunakan Pilihan Kata Yang Tepat

Untuk membuat surat lamaran kerja, pastikan Anda menggunakan kata-kata yang tepat agar HRD lebih mudah memahami maksud dan tujuan surat lamaran tersebut. Gunakan kata-kata yang formal namun tetap persuasif, sehingga memberikan kesan sopan namun tetap menarik untuk dibaca oleh perekrut. Pemilihan kata dalam surat lamaran kerja juga dapat digunakan oleh perekrut untuk melihat dan menilai karakteristik pelamar.

Sertakan Data Pribadi Lengkap

Pastikan untuk memasukkan data pribadi yang lengkap seperti informasi tentang nama lengkap, nomor ponsel, dan alamat email yang dapat dihubungi oleh perekrut jika Anda terpilih nanti. Cantumkan juga berbagai pengalaman kerja menarik terkait dengan posisi yang dilamar.

Penjelasan Posisi Yang Akan Dilamar

Dalam surat lamaran kerja, Anda bisa memperhatikan penjelasan posisi yang Anda lamar, dan mengaitkannya dengan kemampuan Anda agar mudah dilihat oleh perekrut bahwa Anda cocok dengan posisi yang Anda lamar.

Pastikan Tidak Ada Kesalahan Dalam Penulisan

Setelah menulis surat lamaran kerja, periksa kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan seperti persiapan, bahasa yang digunakan, hingga ejaan setiap kata yang ditulis. Pastikan juga tidak ada kesalahan dalam penulisan nama, alamat dan informasi tentang perusahaan.

Tambahkan File Pendukung Lainnya

Anda dapat menyertakan file pendukung lainnya dalam surat lamaran kerja, seperti sertifikat pengalaman kerja atau magang.

Masukkan Portofolio

Tambahkan juga portofolio untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman kerja yang cukup, dan buat portofolio yang menarik untuk menjadi nilai tambah bagi perekrut.


Format Penulisan Surat Lamaran Kerja di Sekolah

Dalam menulis surat lamaran kerja di Sekolah, pelamar harus menulis surat lamaran yang memiliki struktur penulisan yang baik dan benar sehingga Sekolah atau perusahaan dapat melihat dengan jelas profil atau data pribadi pelamar untuk bahan pertimbangan. Berikut format surat lamaran kerja yang harus Anda ketahui:

Tempat Dan Tanggal Penulisan

Tempat dan tanggal penulisan surat merupakan hal terpenting yang harus dicantumkan saat menulis surat. Pelamar harus menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat yang ditulis di sudut kanan atas surat.

Tujuan/Nama Sekolah

Sebagai pelamar, langkah selanjutnya adalah menuliskan tujuan atau nama Sekolah yang Anda lamar. Bagian ini ditulis dengan kata “Sayang. pemilik Sekolah” dan nama Sekolah.

Salam

Sebuah surat harus memiliki salam pembuka berupa ucapan “dengan hormat”, “assalamualaikum wr.wb” atau salam lainnya sebagai pembuka sebagai salam hormat kepada pembaca surat.

Pembuka Surat

Pada pembuka surat, Anda menuliskan sumber informasi saat menerima lamaran dan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dibutuhkan oleh Sekolah yang Anda lamar.

Data Pribadi Secara Singkat

Langkah selanjutnya, Anda harus menuliskan data diri Anda secara singkat, mulai dari nama, tempat, tanggal lahir, domisili, pendidikan terakhir, dan nomor telepon. Ini harus ditulis dengan lengkap dan jelas agar pihak Sekolah mengetahui identitas pemohon dan mempertimbangkannya.

Penutupan

Diawali dengan pembuka, tentunya surat tersebut harus memiliki penutup yang berisi harapan tentang lamaran tersebut agar dapat diterima dan diberi kesempatan untuk mengikuti tahapan rekrutmen selanjutnya. Pelamar juga harus menuliskan tanda terima kasih, salam penutup, nama lengkap, dan tanda tangan pelamar.


Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Sekolah

Malang, 30 Februari 2023


Kepada Yth,

Bapak / Ibu Kepala Sekolah SDN …….

Di Tempat


Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya baca dari brosur yang dibagikan, SDN …..  sedang membutuhkan Guru untuk mengisi Guru kelas. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk melamar posisi ini. Berikut adalah data diri singkat saya:

Nama : Iqbal Manasa

Tempat/Tanggal Lahir : Malang, 14 Mei 1999

Pendidikan Terakhir : S1 PGSD

Domisili : Malang

Nomor Telepon : 081234567890

Mengajukan lamaran menjadi guru di SDN…... Sebagai bahan pertimbangan dan dukungan, saya lampirkan juga dokumen-dokumen berikut ini:

  • Curricullum Vitae
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Foto paspor 3×4
  • Transkrip Nilai
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Sertifikat Prestasi 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk bisa diberikan kesempatan lebih lanjut untuk mengikuti wawancara. Terima kasih. 


Hormat kami, 

Tanda tangan dan nama lengkap

Demikian ulasan tentang, Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Sekolah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama