Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Persmahasiswa.id - Membuat surat lamaran kerja merupakan suatu hal yang penting bagi orang pencari pekerjaan. Tetapi saat membuat surat lamaran kerja harus teliti dan menggunakan cara yang baik agar isi suratnya menarik bagi perusahaan. Simak terus untuk mengetahui Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Sebelum membuat surat lamaran kamu juga harus mengetahui hal apa yang boleh dicantumkan dan yang tidak boleh dicantumkan karena hal itu akan membuat surat lamaran kamu mengurangi nilai terbaik kamu. 


Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar dan Caranya 

1. Alamat Perusahaan 

Yang pertama kamu bisa mengisi identitas perusahaan seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, sebutkan di awal lokasi dan tanggal penulisan. Menurut penelitian, kita cenderung bereaksi aktif saat mendengar atau melihat nama seseorang. Gunakan pengetahuan itu untuk menarik perhatian mereka. 

2. Mulai Dengan Menyertakan identitas diri 

Idealnya,  surat lamaran menyertakan identitas diri yang sesuai dengan kriteria kamu dan sertakan isi tentang terkaitnya informasi seperti: Nama lengkap, Alamat kamu, Nomor telepon dan Alamat email.

3. Buat Pendahuluan yang Tepat

Kamu bisa menyertakan pendahuluan dulu ketika membuat surat lamaran kerja karena beberapa kalimat ini di awal surat lamaran kamu akan menentukan apakah manajer perekrutan akan membacanya. Jadi, kamu perlu memulai surat lamaran kamu dengan cara yang menarik dan mempertahankan minat pembaca.

Ada beberapa strategi berbeda dan efektif untuk pembukaan surat lamaran. Kamu dapat menyoroti pencapaian kamu, menunjukkan semangat dan antusiasme kamu, dan tidak menjatuhkan nama.

4. Jelaskan Mengapa kamu Sangat Cocok

Paragraf kedua kamu perlu memberi alasan kepada manajer perekrutan apa yang mereka cari dan menunjukkan bahwa kamu akan memenuhi kebutuhan sesuai dengan spesifik perusahaan.

5. Tunjukkan Motivasi kamu untuk Bergabung dengan Perusahaan

Perusahaan membutuhkan seseorang untuk menjalankan usahanya. Jika mereka bersedia mempekerjakan kamu, itu karena menurut mereka kamu akan memenuhi kebutuhan tersebut. Tetapi mereka juga ingin kamu menikmati kerja sama dengan mereka, karena mereka tahu kamu lebih mungkin untuk tinggal bersama mereka lebih lama.

Kunci untuk menulis di paragraf ketiga yang sempurna adalah menunjukkan kepada manajer perekrutan mengapa kamu menginginkan pekerjaan ini, karena ini bukan sembarang pekerjaan. Ini sangat penting saat membuat surat lamaran kerja pemula. Antusiasme dan semangat membantu membuktikan bahwa kamu akan berhasil.

6. Tutup Dengan Kata Berterimakasih 

Bagaimana cara membuat penutup surat lamaran terbaik? Dengan memberikan nilai. Kesalahan terburuk yang dapat kamu lakukan di paragraf terakhir itu berfokus pada seberapa besar kamu menginginkan pekerjaan itu, bukan pada apa yang kamu tawarkan, dan mengulangi frasa klise "Terima kasih atas pertimbangan dan waktu Anda."

7. Tetap Formal dalam Salam Penutup

Setelah kamu menulis isi surat lamaran kerja, kamu hanya perlu memberikan penutup formal di bagian paling akhir. Tulis “Hormat kami” dan ikuti dengan nama lengkap kamu. Menambahkan tanda tangan kamu, agar terlihat lebih formal. Jika kamu bukan penggemar "Hormat kami", kamu bisa gunakan salah satu dari yang berikut: Terima kasih, Salam, Salam Hormat, Hormat kami, dan Salam hangat.

7. Menandatangani Surat Lamaran Kerja Kamu 

Jangan lupa untuk menandatangani di surat lamaran kerja kamu, pastikan kamu menandatangani surat lamaran kerja sebelum kamu kirim. Karena ini menunjukan keaslian dari kamu melalui tangan.


Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Beriikut contoh surat lamaran kerja.


Probolinggo, 15 Mei 2018 

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Lampiran : 1 (satu)

Yth:

HRD PT Wings Surya

Jalan Professor Dokter Hamka Karang Tengah – Probolinggo 


Dengan hormat,

Saya yang telah bertanda tangan dibawah ini :

Nama                      : Kevin Aprilio

Alamat                    : Jalan Letjen Sutoyo No. 5, Probolinggo 

No. Telp                  :  0886528528392

Perguruan Tinggi  : Universitas Malang

Program Studi       : S1 Fakultas Teknik

Sehubung adanya informasi yang saya peroleh tentang lowongan pekerjaan di PT Wings Surya sebagai untuk posisi Manajer Pemasaran. Saya memiliki pengalaman memimpin kampanye online nasional yang sukses dan kemampuan yang lancar dalam menggunakan berbahasa asing.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini dapat saya lampirkan :

  • Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
  • Fotokopi Ijazah Terakhir 
  • Fotokopi KTP
  • Pas foto ukuran 3×4 (2 lembar)
  • Sertifikat Mahasiswa Berprestasi
  • SKCK

Demikian permohonan internship ini yang dapat saya ajukan, sangat besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan untuk mempertimbangkan permohonan ini. Terima kasih atas pertimbangan dan waktu Anda.


Hormat saya,

Kevin Aprillio


Karena sebelum manajer membaca CV, biasanya mereka terlebih dahulu akan membaca surat lamaran. Itulah mengapa kamu perlu membuat surat lamaran yang baik dan benar. Itulah Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan memberikan wawasan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama