Langkah-Langkah Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Langkah-Langkah Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Persmahasiswa.id - Artikel berikut ini menjelaskan tentang cara menanam hidroponik sederhana dan dapat dilakukan di rumah Anda. Hidroponik adalah metode atau teknik bercocok tanam yang menggunakan media tanam selain tanah. Media tanam hidroponik bisa berupa sekam bakar, cocopeat, pasir kerikil, rockwool, dan sebagainya.

Anda dapat menanam hidroponik di mana saja, misalnya di halaman rumah, dengan menggunakan berbagai wadah seperti pot, drum bekas, kaleng bekas cat, atau bahkan botol mineral bekas.

Tahapan Cara Menanam Hidroponik

Penyemaian Benih

Taburkan benih pada nampan atau wadah penyemaian, gunakan benih yang memiliki tingkat perkecambahan di atas 80%. Media penyemaian yang baik dan umum digunakan adalah rockwool. Rockwool praktis karena dapat menyerap air dengan baik dan steril. Setelah benih cukup umur, pindahkan ke media tanam.

Media Penyemaian Rockwool

Persiapan Media Tanam

Gunakan media tanam yang poros seperti campuran sekam bakar dan pasir kerikil, atau campuran rockwool dan pasir kerikil. Letakkan media tanam pada wadah yang diinginkan, seperti pot atau kaleng bekas.

Pemberian Nutrisi

Gunakan nutrisi hidroponik yang sesuai. Pemberian nutrisi sangat penting dalam cara menanam hidroponik untuk pertumbuhan tanaman. Anda dapat mencampurkan sendiri nutrisi atau membelinya di pasaran. Pemberian nutrisi dapat dilakukan dengan cara menyiram secara manual pada pagi dan sore hari.

Jika Anda ingin lebih praktis, Anda dapat mencoba menggunakan sistem sumbu atau wick, seperti yang terlihat pada gambar. Sumbu (dapat berupa kapas, sumbu kompor, atau kain bekas) akan mengalirkan nutrisi ke seluruh bagian tanaman. Teknik wick ini merupakan salah satu teknik hidroponik yang sederhana.

Teknik Wick Hidroponik yang Sederhana

Perawatan

Perawatan pada cara menanam hidroponik sederhana pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan perawatan pada sistem penanaman konvensional, seperti pemangkasan dan membersihkan gulma, dan sebagainya.

Langkah-Langkah Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama