Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di PT

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di PT

Persmahasiswa.id - Melamar pekerjaan adalah bisnis yang cukup mudah. Apalagi lamaran pekerjaan di PT yang terkadang persyaratannya sangat banyak dan rumit. Beberapa pabrik juga mewajibkan pelamar untuk menulis surat lamaran kerja dengan tangan. Wah, mendengar tulisan tangan tentu menjadi tantangan tersendiri, bukan? Pasalnya, selain melihat latar belakang dan kualifikasi, Anda juga perlu melihat format dan kerapihan tulisan tangan. 

Cara ini bisa anda ulangi beberapa kali, sehingga menjadi contoh surat lamaran kerja pabrik. Namun, Anda tidak perlu khawatir. jika dilakukan satu persatu dengan sungguh-sungguh, membuat lamaran kerja tulisan tangan bisa terselesaikan dengan baik, lho. Kami akan memberikan contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di PT yang benar dan juga lengkap. Yuk, cek berikut ini!

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Sebelum mengetahui cara membuatnya, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah surat yang didalamnya terdapat permintaan kepada pelamar untuk melamar di suatu perusahaan pada posisi yang sesuai dengan kemampuannya.

Surat lamaran kerja juga berisi informasi tentang data pribadi, seperti data pribadi, posisi yang ingin dilamar, serta beberapa kata yang ditulis untuk meningkatkan kepercayaan perusahaan dalam memilih Anda untuk dapat mengikuti tahap selanjutnya di proses seleksi pekerjaan. Singkatnya, surat pengantar didefinisikan sebagai surat resmi yang akan diserahkan ke perusahaan oleh pelamar kerja.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Kerja Di PT

Buat Nama Kota Dan Tanggal Penulisan Surat

Langkah awal penulisan surat lamaran kerja tulisan tangan di pabrik pertama adalah menuliskan nama kota dan tanggal surat lamaran kerja. Itu ada di kanan atas kertas.

Tuliskan Tujuan Surat Dan Nama Pabrik Serta Alamatnya

Langkah selanjutnya adalah menulis tujuan surat dan nama produsen serta alamatnya. Jangan lupa sertakan salam hormat kepada mereka yang akan membaca atau menerima surat tersebut. Misalnya, Sayang. atau Sayang. diikuti dengan nama pembaca.

Mulailah Dengan Sapaan Hormat Atau Sapaan Resmi

Setelah itu mulailah pembukaan surat dengan salam hormat atau salam formal yang biasa digunakan dalam surat. Misalnya, "Dengan hormat," atau menggunakan "Assalamualaikum wr wb,"

Jelaskan Tujuan Surat Tersebut

Lanjutkan setelah itu, tuliskan tujuan penulisan surat lamaran kerja tersebut. Anda dapat menyebutkan terlebih dahulu di mana mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut. Kemudian jelaskan posisi yang ingin Anda lamar.

Tulis Data Pribadi Berupa Poin

Untuk menjelaskan data pribadi, Anda dapat membuatnya menggunakan poin-poin singkat. Sehingga memudahkan HR untuk membaca data pribadi Anda dengan cepat.

Sertakan Pengalaman Dan Keterampilan

Jika Anda sudah memiliki pengalaman yang sama pada posisi yang ingin Anda lamar, Anda juga bisa menjelaskan pengalaman yang Anda miliki. Cantumkan juga keahlian yang Anda miliki untuk lebih meyakinkan SDM.

Berikan Ucapan Terima Kasih 

Di penutup surat lamaran kerja, jangan lupa berikan ucapan terima kasih. Beri tahu HR atau pembaca bahwa Anda sedang menunggu balasan atau informasi terkait proses perekrutan selanjutnya.

Melengkapi Dan Melampirkan Dokumen 

Terakhir, jangan lupa lengkapi dokumen yang diminta untuk mendukung surat lamaran Anda. Misalnya foto, CV, ijazah, dan lainnya. Pastikan semua dokumen Anda digabungkan dan dimasukkan ke dalam satu folder.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di PT

Memutuskan untuk melamar kerja di suatu perusahaan tentunya perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satu pertimbangan terpenting adalah bentuk perusahaan. Nah, bentuk perusahaan yang banyak diincar pelamar adalah perseroan terbatas (PT). PT adalah badan usaha yang memiliki badan hukum yang sah di Indonesia yang memiliki modal berupa saham.

Pendirian PT harus dilakukan dengan akta resmi yang harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dengan begitu, legalisasi perusahaan terjamin dan tidak perlu diragukan lagi keberadaannya. Jika Anda tertarik untuk melamar pekerjaan dengan badan usaha, kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja di PT. inilah contohnya:

Semarang, 1 Februari 2023

Kepada Yth,

Kepala Toko/Bagian HRD

PT Barokah Perkasa


Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya baca dari brosur yang dibagikan, PT Barokah Perkasa sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi kasir. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk melamar posisi ini. Berikut adalah data diri singkat saya:

Nama : Umi Nur Aisyah

Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 14 Mei 1999

Pendidikan Terakhir : SMA Akuntansi

Domisili : Semaramg

Nomor Telepon : 081234567890

Saya memiliki pengalaman di bidang Pabrik dan pernah menjadi marketing di sakah satu PT. Dengan kemampuan pekerjaan yang berhubungan dengan barang, saya yakin bisa menjadi kasir di Toko barokah. Saya juga bisa bekerja di bawah tekanan dan juga bekerja secara tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas, antara lain yaitu :

  • Curriculum Vitae
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Foto paspor 3×4
  • Transkrip Nilai
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Sertifikat Prestasi 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan lebih lanjut untuk bisa mengikuti sesi wawancara. Terima kasih. 


Hormat kami, 

Tanda tangan dan nama lengkap

Demikian ulasan tentang, Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di PT. Semoag bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama