Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Toko

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Toko

Persmahasiswa.id - Mencari pekerjaan tidaklah mudah. Dibutuhkan usaha dan semangat yang tinggi untuk mendapatkan pekerjaan di saat sulitnya mencari pekerjaan saat ini. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat melamar pekerjaan di toko adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja di toko dibuat dengan baik dan benar sehingga menarik perhatian toko yang anda lamar. 

Secara garis besar, Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan ini memiliki format yang sederhana dan juga persyaratan yang sangat mudah, tidak seperti mendaftar di perusahaan. Seleksi rekrutmen pekerjaan di toko juga tidak membutuhkan proses yang panjang. Semakin besar toko, semakin banyak karyawan yang dibutuhkan. Melamar di toko juga dapat  menjadi batu loncatan bagi mereka yang baru saja lulus. 

Selain menambah pengalaman, soft skill dan hard skill juga akan didapatkan saat bekerja sebagai karyawan di tempat ini. Dalam melamar pekerjaan di toko, Anda tidak akan menghadapi psikotes dan wawancara dengan pengguna. Sederhananya, toko akan mempekerjakan Anda sebagai karyawan jika mereka tertarik dan Anda memiliki keterampilan yang mereka butuhkan. Bagi anda yang sedang mencari kerja di toko, berikut adalah contoh surat lamaran kerja.

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja di Toko

Dalam menulis surat lamaran kerja di toko, pelamar harus menulis surat lamaran yang memiliki struktur penulisan yang baik dan benar sehingga toko atau perusahaan dapat melihat dengan jelas profil atau data pribadi pelamar untuk bahan pertimbangan. Berikut format surat lamaran kerja yang harus Anda ketahui:

Tempat Dan Tanggal Penulisan

Tempat dan tanggal penulisan surat merupakan hal terpenting yang harus dicantumkan saat menulis surat. Pelamar harus menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat yang ditulis di sudut kanan atas surat.

Tujuan/Nama Toko

Sebagai pelamar, langkah selanjutnya adalah menuliskan tujuan atau nama toko yang Anda lamar. Bagian ini ditulis dengan kata “Yth pemilik toko” dan nama toko.

Salam

Sebuah surat harus memiliki salam pembuka berupa ucapan “dengan hormat”, “assalamualaikum wr.wb” atau salam lainnya sebagai pembuka sebagai salam hormat kepada pembaca surat.

Pembuka Surat

Pada pembuka surat, Anda menuliskan sumber informasi saat menerima lamaran dan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dibutuhkan oleh toko yang Anda lamar.

Data Pribadi Secara Singkat

Langkah selanjutnya, Anda harus menuliskan data diri Anda secara singkat, mulai dari nama, tempat, tanggal lahir, domisili, pendidikan terakhir, dan nomor telepon. Ini harus ditulis dengan lengkap dan jelas agar pihak toko mengetahui identitas pemohon dan mempertimbangkannya.

Penutupan

Diawali dengan pembuka, tentunya surat tersebut harus memiliki penutup yang berisi harapan tentang lamaran tersebut agar dapat diterima dan diberi kesempatan untuk mengikuti tahapan rekrutmen selanjutnya. Pelamar juga harus menuliskan tanda terima kasih, salam penutup, nama lengkap, dan tanda tangan pelamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Toko

Setelah mengetahui bagian-bagian yang harus ada dalam surat lamaran kerja toko, saatnya membahas berbagai contohnya. Toko sendiri merupakan salah satu usaha skala kecil menengah atau UMKM yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Seperti toko kelontong, kue, baju, handphone, dan masih banyak lagi. Bagi yang ingin mengajukan lamaran kerja, berikut contoh surat lamaran lengkap yang bisa disesuaikan dengan produk yang ditawarkan toko.

Bagi yang ingin melamar ke bakery atau bakery, contoh aplikasi berikut ini akan sangat bermanfaat. Namun perlu diingat, mereka biasanya menginginkan karyawan yang sudah memiliki pengalaman di bidang tersebut, terutama yang berada di posisi juru masak.

Namun, bagi yang ingin melamar posisi kasir atau bagian lain yang tidak terkait dengan proses pembuatan, pengalaman mungkin tidak diutamakan. Setelah mengetahui formatnya, kini saatnya membuat surat lamaran kerja di toko dengan baik, benar, dan sesuai format yang berlaku. Bagi Anda yang membutuhkan surat referensi untuk cuti sesuai dengan pekerjaan Anda, lihat contoh surat berikut ini.

Bandung, 30 Januari 2023

 

Kepada Yth,

Kepala Toko/Bagian HRD

Toko Swalayan Barokah


Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya baca dari brosur yang dibagikan, Toko Swalayan Barokah sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi kasir. Oleh karena itu, melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk melamar posisi ini. Berikut adalah data diri singkat saya:

Nama : Daniel Fitrotir Rahman

Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 14 Mei 1999

Pendidikan Terakhir : SMA Akuntansi

Domisili : Bandung

Nomor Telepon : 081234567890

Saya memiliki pengalaman di bidang akuntansi dan pernah menjadi admin toko online. Dengan kemampuan menghitung barang dan pekerjaan yang berhubungan dengan barang, saya yakin bisa menjadi kasir di Toko barokah. Saya juga bisa bekerja di bawah tekanan dan juga bekerja secara tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas, antara lain:

  • Curricullum Vitae
  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Foto paspor 3×4
  • Transkrip Nilai
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Sertifikat Prestasi 

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan lebih lanjut untuk mengikuti wawancara. Terima kasih. 


Hormat kami, 

Tanda tangan dan nama lengkap

Demikian ulasan tentang, Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Toko. Semoag bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama